Proses Pembentukan Logam Tembaga

4.6
(5)

Purwo.id – Pengrajin Tembaga Kuningan Sejak 1999. Di artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana proses pembentukan logam tembaga. Selain itu, kita juga akan membahas apa manfaat tembaga di artikel terpisah, setelah ini ya.

Kita mulai membahas tentang tembaga.

Tentang Tembaga

Tembaga kini menjadi salah satu primadona logam yang banyak digunakan untuk bahan kerajinan tembaga dan juga hiasan te. Logam yang satu ini memang berbeda dengan logam pada umumnya karena memiliki warna yang indah dan pastinya juga kuat. Selain itu juga harga tembaga jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan logam seperti emas maupun perak.

Namun apakah Anda mengetahui bagaimana proses pembentukan logam tembaga dari senyawa mineral hingga menjadi sebuah lempengan tembaga. Jelas banyak yang belum mengetahui bagaimana logam tembaga dapat terbentuk.

Mari kita bahas perbagian untuk lebih jelas bagaimana proses pembuatan tembaga dilakukan.

Proses Pembuatan Tembaga

Proses pembuatan tembaga sendiri ada banyak sekali tahapan-tahapannya. Dari awal seperti senyawa, unsur kimia hingga menjadi bijih kalkopirit cufes2 yang nantinya akan membentuk logam tembaga. Proses pertama untuk menjadi sebuah logam tembaga ialah dengan pengapungan (floktasi). Langkah ini sendiri merupakan langkah awal yang penting dan tidak bisa terlewatkan. Bijih kalpopirit yang sudah dihaluskan secara merata, kemudian dimasukan ke dalam campuran air dan juga minyak. Bagian dari bijih yang mengandung tembaga ini nantinya akan diselaputi oleh minyak sedangkan zat pengotornya akan larut terbawa oleh air.

Setelah itu, udara kemudian ditiupkan ke dalam campuran bijih dan mineral yang diselaputi minyak. Kemudian gelembung-gelembung hasil dari tiupan tadi akan membawa mineral tembaga ke atas permukaan dan mengapung. Sedangkan zat-zat pengotor atau tidak diperlukan akan diendapkan di bawah. Nah dari pengapungan inilah akan di dapat biji pekat yang mengandung 20 – 40%cu yang merupakan lambang kimia tembaga pada table periodik. Tidak hanya proses pembentukan logam tembaga dengan cara pengapungan saja, tembaga bisa digunakan melainkan ada tahapan-tahapan berikutnya lagi.

Tahapan Pembentukan Tembaga

Setelah tahapan pengapungan selesai dan didapat biji pekat yang mengandung 20 – 40% cu, maka kemudian biji tersebut dilakukan pemanggangan. Biji-biji pekat tersebut di panggang dalam suatu wadah dengan suhu yang tinggi. Suhu tinggi ini sendiri jelas digunakan untuk memanaskan biji pekat tadi sehingga menjadi cair. Biji pekat hasil dari pengapungan yang selanjutnya dipanggang akan memiliki reaksi 4cu2fes2(s) + 9o2(g) → 2cu2s(s) + 2fe2o3(s) + 6so2(g). Proses untuk menjadikan biji pekat yang sudah dipanggang tadi untuk menjadi lempengan tembaga tidak berhenti sampai sini saja.

Setelah melalui proses pemanggangan biji pekat tembaga, maka langkah selanjutnya ialah proses reduksi dari biji pekat itu sendiri. Nantinya cu2s yang terjadi dipisahkan dari fe2o3 kemudian dipanaskan dan juga dialiri udara dan terjadi reduksi menjadi logam tembaga. Belum sampai disini saja proses untuk mendapatkan tembaga murni melainkan masih ada beberapa tahapan lagi. Sesudah melakukan reduksi, kemudian hasil reduksi tadi belum sepenuhnya memperoleh tembaga murni. Logam tembaga hasil reduksi masih tercampur dengan sedikit ag, au dan juga pt. Untuk itulah langkah selanjutnya yaitu elektrolis sangat penting guna memisahkan kandungan-kandungan tersebut hingga benar-benar menjadi tembaga murni.

Tahapan Elektrolis

Dengan melakukan tahapan elektrolis ini maka proses pembentukan logam tembaga akan mendekati final. Hal ini dilakukan untuk memurnikan tembaga tadi. Tembaga yang tidak murni hasil dari proses reduksi akan dipasang sebagai anoda dan juga sebagai katoda dengan menggunakan elektrolit cuso4. Setelah melalaui proses panjang inilah maka akan menghasilkan tembaga murni yang dapat digunakan untuk berbagai jenis produk kerajinan. Pada proses terakhir inilah anoda semakinhabis dan katoda (tembaga murni) makin bertambah besar. Sedangkan untuk ag, au dan pt diendapkan sebagai lumpur anoda yang tidak digunakan.

Itulah tadi langkah-langkah dalam proses dan juga cara pementukan tembaga dari biji hingga menjadi tembaga murni yang siap digunakan. Hasil tembaga murni ini sendiri nantinya juga akan mengalami beberapa langkah lagi untuk menjadi sebuah lempengan guna dapat digunakan untuk berbagai bahan utama kerajinan tembaga.

Contoh Penggunaan Tembaga

Penggunaan tembaga tentunya bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Banyak barang yang kita gunakan mengandung unsur tembaga misalnya elektronik, alat memasak, furniture, daun pintu dan lain-lain.

Penggunaan tembaga yang kita bahas kali ini adalah tentang bagaimana tembaga dibuat sebuah produk kerajinan.  Tentunya menjadi kerajinan dengan nilai seni tinggi. Berikut ini contoh produk yang mungkin dibuat menggunakan material tembaga.

  1. Kubah Masjid Tembaga Kuningan
  2. Replika Pintu Nabawi
  3. Lampu Gantung Masjid Tembaga
  4. Lampu Keranjang
  5. Lampu Dinding
  6. Patung Tembaga
  7. Logo Tembaga
  8. Kaligrafi Tembaga
  9. Relief Tembaga
  10. Furniture Tembaga
  11. dan lain-lain

Contoh Produk Kerajinan Tembaga

Berikut ini contoh produk kerajinan tembaga yang populer di produksi di Indonesia. Dan tentunya sudah merambah pasar Internasional.

Selain produk diatas, untuk lebih detail bisa di cek di halaman produk kerajinan tembaga atau untuk melihat koleksi lampu gantung tembaga bisa di lihat dihalaman lampu gantung tembaga.

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?

Klik bintang 5 untuk menambahkan rating artikel ini!

Rating 4.6 / 5. Dari Total: 5

Belum ada rating! Jadi yang pertama untuk memberikan rating.

Postingan ini bermanfaat? Bagikan ke sosmed...

Bagikan postingan ini melalui sosial media dibawah ini. Terimakasih telah membantu kami!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Anda sedang Mencari kerajinan tembaga kuningan?

Anda berada di tempat yang tepat. Karena PURWO.ID merupakan salah satu website yang memberikan layanan pembuatan kerajinan tembaga, kerajinan kuningan terbaik sejak 1999.

Di website ini Anda bisa menemukan update terbaru seputar produk kerajinan, tips dan trik serta semua informasi terkait dengan kerajinan tembaga.

Cara Pesan Kerajinan Tembaga

Cara pemesanannya juga sangat mudah, Anda tinggal menghubungi kami melalui media yang tersedia diwebsite ini atau langsung menghubungi kami di halaman kontak kami

Purwo Supriyatno – Telp. /WA: +62 821-3378-1880



Masih butuh innformasi lebih lengkap tentang seni kerajinan logam tembaga di PURWO.ID? Coba baca update terbaru dari website ini. Atau langsung hubungi kami untuk informasi lebih lengkapnya.

Blog Update Kerajinan Tembaga Purwo.id

Produk Kerajinan Tembaga Purwo.id

Comments are closed.